'Hijrahnya Seorang Muslim'

“Janganlah kamu menjadi orang yang mengekor (selalu mengikuti orang lain). Kamu mengatakan : Jika mereka berbuat baik, kami pun berbuat baik; dan jika mereka berbuat dzalim, kami pun berbuat dzalim. Tapi perkokohlah dirimu; jika orang-orang berbuat baik, hendaknya kamu berbuat baik, tetapi jika mereka berbuat jahat, janganlah kamu berbuat dzalim”. [HR.Tirmidzi]




` HIJRAH `

Hijrahnya Seorang Muslim

Pengertian Hijrah secara umum yaitu meninggalkan, menjauh dan berpindah tempat.

Dua macam hijrah yang akan diulas dalam kesempatan kali ini


I. Hijrah Makaniyah, 


Yaitu hijrah yang dilakukan karena mencari perlindungan dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah SWT., berupa akidah dan syari’at Islam. Sebagai contoh Nabi Muhammad SAW., bersama para sahabat Beliau berhijrah dari Mekah ke Madinah.


 II. Hijrah Maknawiyah  

Atau sering juga disebut hijrah Qalbiyah (Hati). Meninggalkan segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT., dan menuju pribadi yang lebih baik.  Dalam konteks kehidupan sekarang ini, tentu Hijrah Maknawiyah adalah sesuatu yang sangat wajib dilakukan oleh seorang muslim/muslimah.


Kemajuan zaman yang  begitu melesat, derasnya arus informasi seolah tanpa batas bagai cambuk yang secara perlahan memerangi peradaban Islam. Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi merupakan metode yang luar biasa dalam perkembangan ajaran Islam, namun disisi lain hal ini pula yang harus diantisipasi, pasalnya saat ini kita hidup di zaman yang boleh dikatakan mulai jauh dari nilai-nilai Islam dimana media informasi masuk dari berbagai kalangan dan belahan dunia luar yang menggambarkan kehidupan-kehidupan bebas jauh dari moral agama, mengaku Muslim, mengaku  Islam namun banyak prilaku yang mengkiblat ke dunia barat yang sangat jauh dari aqidah sebagai seorang Muslim. Hal inilah yang dikhawatirkan akan mempengaruhi cara pandang seorang Muslim terlebih kaula-kaula muda yang sangat rentan terkena virus Media. Tapi justru dari sanalah kita tahu sejauh mana keistiqomahan  dan  keimanan kita dalam berhijrah.


Adapun beberapa ayat Al-Qur’an mengenai perintah berhijrah, antara lain:


 Quran Surat Al-Baqarah 2 : 218 :
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”


Quran Surat At-Taubah 2 : 20 :
“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan”


Mari bersama berhijrah menjadi pribadi lebih baik sahabat ^_^

Note penulis : Jika ada kekhilafan dalam istilah dan bahasa mohon dimaafkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESEPSI!!! What the hell?

MengASIhi Khalisa

Ramadhan ke 2